Sekapur Sirih

Banyak sekali keburukan-keburukan kita sebagai suatu bangsa yang berdaulat. Setelah sekian lama kita merdeka, namun rasanya kita malah terbelenggu oleh penjajahan-penjahan yang JUSTRU bersifat internal.

Kenapa jakarta terjadi banjir? Kenapa sampah menggunung? Kenapa sungai kita kotor? Kenapa masih saja pejabat kita korupsi? Kenapa orang kita terlihat seperti orang yang kurang beradab dan kurang disiplin? Kenapa?

Mengapa kesalahan-kesalahan tersebut tetap lestari dan bahkan cenderung terlihat dilestarikan? Kita sebagai generasi penerus bangsa, sudah seharusnya meluangkan waktu sejenak untuk memikirkan mengapa. Sudah sedemikian egois-nya kah Masyarakat kita? Mengapa bangsa ini banyak sekali skandalnya? Apakah bangsa kita terlalu banyak berpolitik? Sudah saatnya untuk kita mengembalikan nilai-nilai luhur kita sebagai manusia yang berbangsa dan bernegara.

Teman-teman mari kita satukan hati dan pikiran kita untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Sunday, April 22, 2007

Respek Indonesia

Apa?
Respek Indonesia adalah suatu kampanye non-profit yang bergerak di bidang sosial-budaya. Berdiri secara konseptual pada tanggal 3 Maret 2007 di Jakarta.

Dimana?
Indonesia secara pada umummnya, Jakarta pada khususnya.

Siapa?
Kampanye ini ditujukan kepada pemuda-pemudi sebagai generasi penerus bangsa.

Bagaimana?

  1. Mempersatukan pemuda-pemudi Indonesia dengan rasa respek dan cinta tanah air.
  2. Merangkul pemuda-pemudi Indonesia yang memiliki kesadaran penuh terhadap bangsanya untuk memjukan kualitas bangsa Indonesia.
  3. Melakukan kegiatan-kegiatan sosial dalam upaya peningkatan kualitas bangsa.
  4. Melakukan Social-advertising untuk menjangkau kesadaran masyarakat secara umum.
  5. Menghidupkan kembali nilai-nilai yang terkandung pada pelajaran PPKn agar tercipta suatu masyarakat yang madani dan berdasarkan hati nurani.
Kapan?
Disaat kita menyadari bahwa tanah air kita membutuhkan perhatian yang lebih baik lagi.

Kenapa?
Karena Indonesia sudah terlampau lama diabaikan oleh generasi penerus bangsa.

Mengapa?
Nilai yang mendasari tercetusnya Kampanye ini adalah rasa respek, atau rasa dimana kita saling menghormati, menghargai, dan menyayangi. Ada banyak sekali bentuk respek itu sendiri dalam berbagai konteks. Seperti respek terhadap diri sendiri, respek terhadap keluarga, respek terhadap teman, respek terhadap lingkungan, respek terhadap kehidupan, respek terhadap bangsa dan negara, respek terhadap sesama, dan lain sebagainya. Kami menyadari bahwa mengapa degradasi moral atau kualitas sosial adalah nyata dan sedang terjadi pada bangsa kita, disebabkan oleh kurangnya rasa respek itu dari dalam diri masing-masing saudara kita sebangsa setanah air. Kami yakin dengan mengembangkan rasa respek ini, perlahan-lahan tapi pasti, Indonesia akan menjadi tempat yang lebih baik untuk ditinggali oleh bangsanya sendiri, Sebagaimana yang dicita-citakan para leluhur dan pahlawan-pahlawan sebelum kita. Dengan memulainya dari diri sendiri. Kita semua harus percaya bahwa kekuatan pada suatu bangsa bukanlah terletak pada pemerintahan, tapi rakyatnya itu sendiri.